Diklat Implementasi Penitikan Sekolah di Kab. Nganjuk

Sunday, April 13, 2008

Pada tanggal 7 s.d. 10 April 2008 kami diajak Katadik Dinas Pendidikan Kab. Nganjuk mengikuti Diklat Implementasi Sistem Informasi Geografis di Hotel Nirwana Nganjuk, yang diselenggarakan oleh Depdiknas Pusat. Acara tersebut di hadiri oleh 20 orang Kasi Pendidikan Dinas Pendidikan di masing-masing kecamatan se Kabupaten Nganjuk, Katadik, dan staff Subdin Perencanaan Dinas Pendidikan Kab. Nganjuk dan kami dari pendamping ICT.

Kegiatan yang dijalankan adalah :

  • Selama satu hari mulai pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB. di beri materi yang berhubungan dengan bagaimana melakukan pendataan yang baik dan benar.
  • Kemudian seluruh Kasi Pendidikan di 20 kecamatan di beri data base sekolah dan peta kecamatan masing-masing dalam bentuk print out di kertas ukuran A3.
  • Selanjutnya diberi tahu, bagaimana cara melakukan penitikan sekolah dengan memberi tanda khusus di setiap desa di peta yang telah dibagikan.
  • Masih di hari pertama, trainer dari Depdiknas pusat memberi pelatihan kepada Pendamping ICT bagaimana memindahkan titik-titik sekolah yang ada di peta manual ke peta elektronik melalui program MapInfo.
  • Agar dalam melakukan penitikan sekolah benar-benar tepat maka diberi waktu dua hari untuk dikerjakan di rumah-rumah masing-masing.
  • Pada hari ke empat pertemuan dilanjutkan dengan acara kita melakukan cross chek terhadap penitikan di peta dengan data base sekolah yang ada sudah cocok atau belum dan kami terlibat di dalamnya.
  • Jika sudah cocok antara nama dan jumlah sekolah di database dengan penitikan di petanya diserahkan ke Tim dari Depdiknas.
  • Dan selanjutnya nanti kami tim ICT akan dikirimi file peta, selanjutnya melakukan penitikan sekolah di masing-masing kecamatan menggunakan program MapInfo.
Demikian tugas yang sedang kami kerjakan disamping tugas lain yang saat ini juga sudah kami jalankan di Kantor Pendidikan Kabupaten, yaitu melakukan update NISN, dan tugas lain yang akan kami rinci di lain waktu.

0 comments: